Peran Penting Kawasan Industri di Indonesia

kawasan industriUntuk suatu negara, industri sendiri mempunyai peran yang cukup vital dan juga strategis untuk meningkatkan ekonomi. Keberadaan dari industri bisa menjadi motor penggerak bagi ekonomi rakyat yang bisa mendorong pencapaian tujuan nasional yaitu berupa kesejahteraan bagi masyarakat. Oleh karena itu, merupakan hal yang sangat penting untuk dapat mengelola industri agar dapat menghasilkan dampak yang positif dan juga maksimal bagi masyarakat luas. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk pemaksimalan peran industri ini yaitu dengan cara melalui pembentukan kawasan industri. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan kawasan industri? Sebelumnya, perlu ditekankan terlebih dulu jika industri itu berbeda dengan kawasan industri. Contoh kawasan industri, lihat di sini

kawasan industri jababekaKawasan industri sendiri dibentuk dalam upaya untuk mempercepat pertumbuhan industri tanah air dimana bertujuan untuk memenuhi kebutuhan barang industri yang ada di dalam negeri dan juga untuk keperluan ekspor. Di Indonesia sendiri, sebuah kawasan industri sangat diperlukan dan telah diatur di dalam undang-undang. Pengertian dari kawasan industri merupakan sebuah kawasan pusat kegiatan industri pengolahan yang dimana telah dilengkapi dengan prasarana, sarana dan juga fasilitas penunjang lainnya yang telah disediakan dan dikelola oleh perusahaan kawasan industri. Sedangkan pengertian dari perusahaan kawasan industri ialah sebuah perusahaan badan hukum yang didirikan berdasarkan kepada aturan hukum yang ada di Indonesia serta berdomilisi di wilayah Indonesia yang juga mengelola sebuah kawasan industri. Adanya kawasan industri ini dan juga perusahaan kawasan industri telah diatur dalam peraturan khusus yang bertujuan agar industri dalam negeri bisa berjalan secara produktif serta efisien.

Tujuan dari Kawasan Industri itu sendiri ialah :
1. Sebagai salah satu upaya percepatan pertumbuhan industri dalam negeri
2. Untuk dapat mendorong kegiatan industri tertentu agar dapat berada di kawasan industri
3. Untuk dapat menyediakan berbagai fasilitas lahan industri
4. Dalam rangka untuk memberikan kemudahan untuk berbagai kegiatan industri

Di dalam sebuah kawasan industri, beberapa perusahaan yang terdapat di dalamnya berhak untuk menikmati beberapa macam fasilitas yang ada di dalamnya. Dan fasilitas tersebut secara khusus disediakan untuk dapat mendorong berbagai kegiatan industri agar bisa beroperasi lebih maksimal, produktif dan juga lebih efisien. Dan juga, fasilitas kawasan industri yang satu ini pun telah disediakan oleh beberapa perusahaan kawasan industri di sekitar lingkungannya. Lalu beberapa macam fasilitas yang harus terdapat pada kawasan industri tersebut antara lain :
1. Tersedianya lahan industri maupun bangunan standar untuk diserahkan maupun untuk dijual
2. Tersedianya area pergudangan
3. Terdapat terminal maupun tempat untuk penitipan peti kemas
4. Memiliki sistem keamanan yang cukup memadai
5. Memiliki pusat pelayanan kesehatan

Keberadaan dari kawasan industri sendiri bisa dibilang penting untuk dapat meningkatkan ekonomi suatu negara. Tapi, keberadaannya pun perlu diatur serta dikelola sedemikian rupa agar nantinya tidak akan timbul dampak negatif. Dan juga, pembangunan kawasan industri itu sendiri tidak diperbolehkan hingga mengganggu produktivitas dari pertanian, ataupun sumber daya alam serta warisan budaya. Itu berarti, kawasan industri tersebut tidak diperbolehkan untuk didirikan di wilayah tanah pertanian yang akan mengurangi area lahan pertanian tersebut. Oleh karena itu, dalam mendirikan dan mengelola kawasan industri harus sangat berhati-hati serta patuh pada aturan hukum yang berlaku. Dan diperlukan pengelolaan limbah yang baik. Dan juga, dibutuhkan usaha penanaman pohon dan juga penghijauan agar nantinya bisa mengurangi polusi udara yang berasal dari asap hasil industri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *